Monday, August 15, 2016

Visit Peserta Diklatpim Tk. IV ke KPKNL Bengkulu, Inovasi Untuk Layanan Yang Lebih Baik

Bengkulu – Selasa (19/4/2016),  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu menerima kunjungan 40 orang peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan ke-36 tahun 2016.  Rombongan dipimpin Ir. Windarti, M.Pd. dan didampingi Pengampu Materi Agenda Inovasi , Hj. Nurlela Nawawi, S.K.M., M.M.  dari Badan Diklat Propinsi Bengkulu.

Rombongan disambut Tredi Hadiansyah, S.H., Kepala KPKNL Bengkulu didampingi seluruh kepala seksi/subbagian di lingkungan KPKNL Bengkulu. Kegiatan visit inovasi dan office tour  ini dilaksanakan  dalam rangka  memenuhi salah satu syarat mata pelajaran yang harus diikuti dalam kurikulum diklat.

Bertempat di aula KPKNL Bengkulu para peserta terlebih dahulu diberikan pengarahan oleh Ir. Windarti, M.Pd. Pada kesempatan itu, Windarti berharap agar para peserta diklat dalam menggali informasi terkait inovasi layanan  yang telah dilaksanakan oleh KPKNL Bengkulu dalam melaksanakan tupoksinya sebagai kantor operasional di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara pada Kementerian Keuangan, dengan harapan inovasi-inovasi tersebut dapat menjadi benchmark bagi kegiatan pelayanan dan dapat diterapkan di lingkungan kerja para peserta diklat yang berasal dari berbagai instansi pemerintah daerah kota/kabupaten/propinsi di wilayah Propinsi Bengkulu.
Dalam sambutannya Tredi menyampaikan “KPKNL Bengkulu dengan wilayah kerja yang cukup luas dan sumber daya yang terbatas, tupoksi yang beragam selalu berupaya untuk meningkatkan kinerja dan mencapai target melalui inovasi dalam berbagai bentuk layanan sehingga  memberikan kualitas layanan yang lebih baik bagi pemangku kepentingan seiring semakin meningkatnya perkembangan zaman,  teknologi informasi dan komunikasi.  Sehingga pemberi jasa layanan dituntut untuk memberikan layanan terbaik dengan menjadikan kendala sebagai tantangan untuk selalu berinovasi dan memberi lebih dari yang diharapkan stakeholders demi tercapainya tujuan organisasi”.
Acara dilanjutkan dengan presentasi dan pemaparan oleh Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Bengkulu Tsabit Turmudzi. Dalam presentasinya, Tsabit menjelaskan sejarah, visi dan misi KPKNL Bengkulu yang merujuk kepada visi dan misi DJKN. Sesuai visi, KPKNL Bengkulu bertekad menjadi kantor pelayanan yang terpercaya  dalam Pengelolaan Kekayaan Negara yang profesional dan akuntabel untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Sedangkan misi KPKNL Bengkulu  yaitu memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan akurat, bersikap sopan, santun dan profesional dalam melayani stakeholders, meningkatkan kualitas kerja dan penerimaan negara serta menjaga dan meningkatkan citra institusi.  Motto KPKNL Bengkulu adalah “SOSIAL” yang merupakan akronim dari “Sopan dan Santun Melayani, Sigap dan Profesional Bekerja, Ikhlas Mengabdi”. “Manusia sebagai mahluk sosial yang berinteraksi dengan manusia dan mahluk hidup lainnya menjadi dasar KPKNL Bengkulu memilih motto dengan akronim kata tersebut. Dengan visi, misi dan motto yang dimiliki, KPKNL Bengkulu selalu berupaya menjalankan tugas pokok dan fungsi dalam  melayani stakeholders dengan sebaik-baiknya. Kemudian dijelaskan pula struktur organisasi, SDM, sarana prasarana, kegiatan pelayanan, hingga capaian kinerja tahun 2014, 2015 dan tahun 2016 per 01 April 2016.

Usai presentasi dan pemaparan selesai, para peserta diklat dipersilahkan mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan atas presentasi dan pemaparan tersebut. Para peserta tampak antusias mengikuti diskusi yang terjadi. Tanggapan tersebut tidak hanya mengenai presentasi dan pemaparan yang dijelaskan oleh Kepala KPKNL Bengkulu dan jajarannya. Beberapa peserta  mengajukan pertanyaan seputar reformasi birokrasi di Kementerian Keuangan serta inovasi layanan yang dilaksanakan oleh DJKN dan KPKNL Bengkulu atas pelayanan yang diberikan dalam bidang pelayanan penilaian, pelayanan lelang, pelayanan piutang maupun pelayanan terkait pengelolaan Barang Milik Negara, karena banyak sekali tupoksi yang berkaitan erat dengan penyelengaraan pemerintahan daerah antara lain mekanisme penghapusan, lelang, penilaian dan rekonsiliasi BMN sehubungan pengelolaan Dana Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan di daerah.

Kemudian acara dilanjutkan dengan kegiatan office tour, wawancara,  serta interaksi langsung dengan para kepala seksi dan staf pada seksi teknis untuk lebih mengenal inovasi layanan berupa aplikasi sistem informasi manajemen yang diterapkan langsung oleh KPKNL Bengkulu dalam pelaksanaan tugas operasionalnya seperti website TABOT KPKNL Bengkulu, SIMPLe, SIMAN, Aplikasi Pencari BKPN, Aplikasi Pencari Risalah Lelang, e-Auctione-Lang dan ditanggapi  penuh semangat  seluruh peserta diklat. Kegiatan tersebut nantinya akan digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kegiatan diklat pada Materi Agenda Inovasi di Badan Diklat Propinsi Bengkulu.
Sebelum rombongan meninggalkan KPKNL Bengkulu, Windarti menutup acara hari itu pada pukul 12.00 WIB. “Mari kita bersyukur karena rangkaian kegiatan hari ini telah berjalan lancar. Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan di lingkungan kerja masing-masing peserta “ pungkasnya. (Teks/Foto : Eko Haryono/ Dany Yohannes).