Friday, August 12, 2016

Sekilas Tentang Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN).

KPKNL Bengkulu – SIMAN (Sistem Informasi Manajemen Aset Negara) merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendukung proses pengelolaan BMN, mulai dari proses perencanaan, penggunaan, pemanfaatan, pemeliharaan,mpemindahtanganan, pemusnahan, penghapusan, penatausahaan sampai dengan pengawasan dan pengendalian BMN yang diakses oleh Pengelola Barang dan Pengguna Barang. SIMAN menggunakan database terpusat dan komunikasi melalui internet. 

SIMAN merupakan pengembangan dari aplikasi SIMAK BMN yang belum mengakomodir seluruh kebutuhan pengelolaan BMN. Dengan adanya SIMAN, Pengguna Barang akan menggunakan dua aplikasi yaitu SIMAK BMN dan SIMAN, sedangkan Pengelola Barang menggunakan satu aplikasi yaitu SIMAN. Meskipun terdapat perbedaan antara SIMAK BMN dan SIMAN, keduanya memiliki keterkaitan dimana data SIMAK BMN tingkat UAKPB merupakan data awal pada SIMAN. Untuk dapat menggunakan SIMAN, maka Satuan Kerja harus melakukan instalasi aplikasi dan melakukan registrasi/pendaftaran terlebih dahulu. 

Mekanisme mengenai prosedur instalasi aplikasi SIMAN dan registrasi/pendaftaran dapat dilihat dan diunduh melalui website KPKNL Bengkulu atau website resmi SIMAN. Setelah Satuan kerja melakukan registrasi SIMAN, admin SIMAN (Pengelola Barang) akan melakukan proses verifikasi dan validasi. Jika hasil verifikasi dan validasi oleh admin SIMAN menyatakan bahwa permohonan registrasi user SIMAN telah sesuai, maka admin SIMAN akan memberikan persetujuan permohonan dimaksud. Adapun pemberitahuan terkait persetujuan permohonan user SIMAN akan disampaikan melalui email. 

SIMAN Pengguna terdiri dari 6 (enam) fitur utama meliputi Master Aset, Perekaman SK, Pemutakhiran Data, Perencanaan Kebutuhan BMN, Pengelolaan BMN dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), serta 4 (empat) fitur tambahan meliputi PenelusuranAset, Inventasrisasi, Monitoring dan Dashboard. Fitur yang telah dapat diimplementasikan adalah Master Aset, Perekaman SK, Pemutakhiran Data, Perencanaan Kebutuhan BMN, dan FiturPenelusuran Aset. 

Salah satufitur SIMAN Pengguna yang sangat penting untuk pembentukan database adalah fitur Pemutakhiran Data yang terdiridari 2 (dua) menu utama yaitu Menu Sinkronisasi Data SIMAK BMN ke SIMAN dan Menu Rekonsiliasi BMN. Menu Sinkronisasi Data digunakan untuk mengupdate data transaksi mutasi dan kondisi barang pada SIMAK BMN ke SIMAN. Adapun menu Rekonsiliasi BMN, digunakan untuk penyusunan Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) BMN tingkat Satuan Kerja (Satker) dan wilayah.