Bengkulu - Bertempat di Aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu, Kamis, 6 Oktober 2016, diadakan sosialisasi di bidang kepegawaian dan aplikasi Aladin (Aplikasi Perjalanan Dinas) untuk seluruh pegawai KPKNL Bengkulu. KPKNL Bengkulu patut berbangga menjadi salah satu kantor operasional DJKN yang mendapatkan kesempatan untuk melakukan uji coba dan menerapkan aplikasi Aladin.
Pemateri pada acara tersebut yaitu Kepala Bagian Kepegawaian Sekretariat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Dwi Wahyudi didampingi dua orang pegawai Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI) yaitu A. Rizal Fauzi dan Harry Budiarto.
Dalam sambutannya Kepala KPKNL Bengkulu, Tredi Hadiansyah menyampaikan ucapan selamat datang di Bumi Rafflesia kepada Kepala Bagian Kepegawaian DJKN beserta tim Direktorat PKNSI yang melakukan kunjungan kerja ke KPKNL Bengkulu untuk memberikan pengarahan dan pembinaan di bidang kepegawaian. Tredi kemudian memaparkan profil KPKNL Bengkulu dan capaian kinerja sampai dengan periode triwulan III tahun 2016.
Acara selanjutnya adalah pembinaan di bidang kepegawaian oleh Kepala Bagian Kepegawaian DJKN Dwi Wahyudi. Dalam paparannya Dwi menyampaikan sepuluh isu utama di bidang kepegawaian yang saat ini sedang berjalan dan dikembangkan oleh DJKN dalam rangka penerapan Undang Undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN).
Isu utama tersebut antara lain rekruitmen pegawai, peningkatan kualitas dan mutu pegawai dalam pendidikan, kegiatan pendidikan dan pelatihan, In House Training (IHT), beasiswa di lingkungan Kementerian Keuangan dan iternal DJKN, mutasi pegawai, kenaikan pangkat pegawai, manajemen kinerja, penerapan manajemen talenta dan assesment center, serta penentuangrading pegawai.
Dwi juga menyampaikan harapannya agar seluruh pegawai dapat meningkatkan kompetensi baik yang berupa hard competencymaupun soft competency melalui peningkatan pendidikan dan keterampilan sebagai bentuk dari penerapan nilai- nilai Kementerian Keuangan yakni kesempurnaan. Pegawai diminta tidak cepat berpuas diri terhadap apa yang telah dicapai saat ini dengan menjadikan kompetensi dan kinerja sebagai identitas bagi individu dan organisasi.
Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang disambut antusias oleh seluruh pegawai KPKNL Bengkulu. Beberapa pertanyaan seputar mutasi, beasiswa , assessment dan rekruitmen pegawai menjadi bahasan yang hangat di kantor yang terletak di pulau Sumatera bagian selatan tersebut.
Sesi berikutnya adalah sosialisasi aplikasi Aladin yang disampaikan oleh A. Rizal Fauzi dan Harry Budiarto dari Direktorat PKNSI. Harry Budiarto menuturkan, Aladin (Aplikasi Perjalanan Dinas) merupakan aplikasi berbasis web yang diharapkan mampu menyederhanakan pelaksanaan monitoring kehadiran pegawai yang melaksanakan tugas dalam kota maupun luar kota. Aplikasi Aladin sudah terintegrasi dengan aplikasi Dianas (aplikasi absensi pegawai) sehingga memberikan kemudahan dalam proses penerbitan surat tugas, surat perintah perjalanan dinas, dan proses pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan mekanisme pembayaran.
Kegiatan pelaksanaan tugas melibatkan seluruh komponen sesuai alur dan SOP yang ada. Dengan aplikasi Aladin memperjelas peran dari masing-masing komponen dari pelaksana tugas, pejabat pembuat komitmen, bendahara pengeluaran dan PIC di bidang kepegawaian. Setelah paparan langsung dilakukan kegiatan pelatihan mengoperasikan aplikasi Aladin. Teks/foto : (ekoh2s/dany_kpknlbengkulu).
====================================================================
Fhoto - fhoto terkait berita :